Judul buku  : Mengislamkan Jawa: Sejarah Islamisasi di Jawa dan Penentangnya dari 1930 – Sekarang

Pengarang  : Merle Calvin Ricklefs

Penerbit      : Serambi Ilmu Semesta

Tahun terbit : 2013

Tebal buku  : 888 halaman

 

Tanggal 29 Desember 2019, Merle Calvin Ricklefs atau yang akrab di sebut M.C. Ricklefs menghembuskan nafas terakhirnya. Penulis buku populer di kalangan mahasiswa maupun sejarawan yang berjudul “Sejarah Indonesia Moderen” (terjemahan) ini merupakan salah satu sejarawan kontemporer asal Australia yang banyak memberikan kontribusinya bagi sejarah bangsa Indonesia melalui berbagai karyanya.

Buku-buku tulisan Ricklefs banyak menyoroti tentang bagaimana sejarah Indonesia (terutama sejarah Jawa) dari berbagai aspeknya. Dalam upaya mengenang sosoknya dan mengapresiasi kontribusinya bagi sejarah Indonesia, penulis meresensi salah satu buku Ricklefs yang berjudul Mengislamkan Jawa: Sejarah Islamisasi di Jawa dan Penentangnya dari 1930-Sekarang.

Buku dengan judul asli Islamisation and its Opponents in Java c. 1930 to the Present merupakan buku terjemahan yang membahas tentang sejarah Islamisasi di Jawa. Buku ini terfokus pada hubungan antara apa yang dipercayai suatu masyarakat dan bagaimana pola kehidupan mereka.

Isu yang dibahas sebagian besar berkaitan dengan agama dan politik, hubungan antara kedua bentuk otoritas, pengetahuan dan kekuasaan, serta pemegangnya. Terdapat semacam pandangan bahwa masyarakat Jawa adalah masyarakat yang mistis-eksotis. Belanda seringkali menyebut masyarakat Jawa sebagai “masyarakat yang paling lemah lembut di muka bumi”. Masyarakat Jawa juga dikenal dengan masyarakat yang kental nuansa “Ketimuran-nya”.

Masyarakat Jawa sendiri telah diperintah kaum elite yang berpikiran cukup maju jauh sebelum Islam muncul pertama kali pada abad ke-14. Peradaban yang lebih tua ini diilhami gagasan-gagasan Hindu dan Buddha dengan mewariskan beragam budaya. Sangat dimungkinkan bahwa sebelum abad ke-14, kaum Muslim telah berkelana sampai ke Jawa dan terdapat orang Jawa yang masuk Islam dengan bukti penemuan beberapa nisan yang dimulai dengan angka tahun 1368-1369.

Buku ini menyebutkan bahwa ada dua proses terjadinya Islamisasi di Jawa: 1) kaum Muslim asing menetap di suatu tempat dan menjadi orang Jawa; 2) masyarakat lokal Jawa memeluk Islam dan menjadi orang Muslim.

Masuknya Islam ke Jawa itu sendiri tidak terlepas dari peran wali sanga sebagai kelompok yang disebut pembawa Islam pertama kali ke Jawa. Perlu dicatat juga, dalam sepanjang sejarah Islam di Jawa, tidak pernah terlepas dari peran yang dimainkan oleh kalangan elite.

Informasi lebih lanjut mengenai proses Islamisasi di Jawa, bisa kalian baca secara rampung dalam buku karya M.C. Ricklefs ini sebagai bentuk penghormatan atas ketiadaan lagi sosoknya.